Selasa, 09 Oktober 2012

KREASI DAN INOVASI JOK MOBIL SAAT INI


Uckit-Sang-Pencerah - Seiring dengan dinamika perkembangan jaman dan teknologi, prioritas dalam sebuah konsep kendaraan adalah hanya menitikberatkan pada salah satu aspek keamanan atau kenyamanan dalam mengendarai mobil. Akan tetapi mindset mengenai kendaraan mobil saat ini telah meluas. Banyak dari para pengendara kini telah mensejajarkan aspek keamanan dalam berkendara dengan aspek kenyamanan agar kendaraan idamannya tersebut terlihat lebih kokoh, sporty, elegan, dan mewah dikendarai.

Beragam cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan penampilan kendaraan mobil tersebut menjadi seperti yang kita inginkan. Mulai dari memasang bodykit, velg, menambah asesoris-asesoris pada mobil sampai dengan mendesain interior bagian dalam seperti jok (seat) pada mobil kesayangan tersebut, senyaman dan seindah mungkin.

Jika kita membicarakan tentang jok, itu sama halnya dengan membicarakan mobil itu sendiri. Sejak pertama kali mobil diciptakan, komponen ini menjadi unsur yang tak terpisahkan. Beragam teknologi pun dikembangkan untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang ketika mendudukinya. 

Secara umum, konstruksi utama jok terdiri dari dasar jok (seatpan) dan sandaran punggung (backrest). Tapi seiring perkembangannya, komponen lain sebagai penunjang seperti headrest dan side support juga tidak bisa diabaikan keberadaannya. 

Pengembangan lain yang juga tak kalah penting adalah pada mekanisme penyetelan jok (seat adjustment), untuk meningkatkan faktor kenyamanan dan kepraktisan. Penyetelan ini meliputi penahan punggung bagian atas-bawah (lumbar support), pengaturan ketinggian jok (height) yang bisa dipilih parsial antara sisi depan dan belakang, serta sandaran bisa direbahkan atau tegak (reclining). Mekanisme kerjanya pun bervariasi. Ada yang memiliki sistem manual ataupun elektrik. 

Ada pula hal lainnya yang terhitung masih penting yaitu bahan bantalan yang dipakai dari jok tersebut. Bahan yang baik mampu meredam getaran dan menahan bobot tubuh yang ditopangnya, sehingga pengemudi ataupun penumpang yang duduk di atasnya tetap nyaman dan tahan lama. Umumnya bahan yang digunakan adalah busa konvensional (sintetis) dengan kualitas dan tingkat kekenyalan yang disesuaikan dengan desain mobil. 

Model, Jenis dan Fungsi 
Terlepas dari informasi dasar mengenai jok pada mobil, kini perkembagan model-model jok pada mobil kian begitu beragam dan memiliki bentuk dan sisi keindahannya masing-masing. Selain dari jenis jok mobil yang seperti biasa kita duduki saat berkendara, ternyata ada beberapa model-model jok mobil yang telah banyak digunakan oleh pemilik kendaraan bagi mobil kesayangan mereka. 




Sport Bucket Seat
Lazim disebut jok balap, karena memang sedari awal penggunaannya sebatas untuk mobil balap saja. Desain jok mobil ini memang unik karena konstruksi serta konturnya dirancang untuk melindungi tubuh secara menyeluruh, seolah "memeluk" tubuh pengemudi. Kala pengemudi beraksi di kabin, pergerakan tubuh pun bisa dibatasi karena akibat laju pergerakan mobil yang amat kencang dan gesit.

Pabrikan jok asal Jerman, Recaro, adalah pionir dalam memperkenalkan model ini, lebih dari satu abad lalu. Tak heran kalau sampai saat ini Recaro dipandang sebagai salah satu pembuat jok sport terkemuka. Selain Recaro, beberapa produsen lain seperti Sparco, Mastercraft dan lainnya juga intens dalam mengembangkan desain model jok ini. 

Namun kini beberapa mobil produksi massal pun mengadopsi model jok sport. Biasanya pada produksi kendaraan dengan model performa tinggi. Hanya saja bentuk dan kontruksinya lebih moderat dari jok balap, terutama pada bagian lumbar dan side support. Tak heran kalau jok ini lazim disebut dengan semi-bucket. Jok jenis ini banyak diadopsi oleh mobil-mobil anyar seperti Volkswagen Golf GTi, Toyota Celica dan lainnya.



Luxurious Captain Seat
Jok kulit model captain seat, pada perkembangan sejarahnya memang bermula dari kursi untuk kenyamanan para sang pengendara pesawat udara saat menjalankan tugasnya. Kursi ini sengaja di desain agar seseorang betah duduk lama diatasnya. Berawal dari hal tersebut, maka kenyamanan captain seat pun coba diterapkan ke dalam sebuah mobil.

Produsen jok mobil asal Amerika Serikat, Tecnocraft merupakan pelopor bagi konsep kursi mobil yang amat mewah ini. Selain amat nyaman dan mewah, kerangka kursi ini dibuat dari material serat karbon dan kevlar yang terkenal kuat dan ringan di bagian belakangnya. 

Agar lebih kuat, kerangka ini ditambahkan material kristal polimer cair, Vectran, yang banyak dipakai pada kendaraan militer. Bagian tersebut dikerjakan dengan teknologi reinforce dan pelapisan resin layaknya pembuatan pesawat luar angkasa, sehingga jok ini lebih kuat dan ringan.

Jok jenis ini diadopsi dengan sempurna dalam mobil Jaguar Ultimate XJ, sebuah mobil yang beraromakan layaknya pesawat jet pribadi. Jangan bicarakan kenyamanannya, kulit jok yang dipilih adalah premium semi-anniline yang biasa digunakan sofa-sofa milik hotel-hotel bintang lima. Seperti jok pesawat jet pribadi, jok mobil Jaguar Ultimate XJ bisa mengatur lumbar support hingga 4 posisi. 




Child Car Seat
Pemakaian car seat khusus untuk anak merupakan sebuah inovasi kenyamanan dan kemanan bagi si kecil yang hendak dibawa berpergian dengan mobil. Tempat duduk bagi anak ini memiliki fungsi yang begitu penting dalam hal menjaga keselamatan sang anak, sebuah tempat duduk tambahan ini memiliki sebuah sabuk pengaman yang berguna untuk menjaga si anak agar tetap aman dalam perjalanan.

Untuk car seat anak ini memiliki beberapa tipe yang harus di perhatikan dalam pengunaanya, yaitu:

a. Rear-facing Child Car Seat; car seat untuk jenis ini di peruntukkan untuk bayi yang baru lahir. Biasanya car seat tipe ini bisa dipakai sampai usia bayi 6 bulan atau sama dengan berat badan maksimum 11 kg (tergantung brand/merk). 

b. Convertible Child Car Seat; tipe child car seat ini bisa lebih panjang umur pemakaiannya daripada model rear-facing karena bisa dipergunakan mulai dari bayi hingga balita, tergantung dari berat badan bayi-nya. 

c. Booster Seats for School-Age Children; sama seperti jenis car seat lainnya, booster seat harus dipasang di bagian belakang mobil dan hanya cocok untuk mobil yang dilengkapi dengan sabuk pengaman yang menahan bahu serta pinggang. Booster seat cocok digunakan untuk anak berusia 4-8 tahun. 




Teknologi Kursi Kendaraan Untuk Kenyamanan Anda 
Perkembangan desain jok mobil sudah sangat pesat, seiring desain kendaraan yang sudah sangat modern dengan balutan fitur-fitur canggih di dalamnya. Kini fungsi jok tak semata hanya sebagai tempat duduk sang pengemudi kendaraan, penerapan teknologi yang modern pada jok pengemudi tersebut ternyata dapat membantu kenyamanan dan keamanan berkendara. Berikut kami ulas beberapa teknologi yang inovatif dalam sebuah jok.

• Electric Seat Adjusment 
Teknologi elektrik pada jok menambah kepraktisan serta mampu memaksimalisasi penggunaannya. Anda tinggal menekan tombol dan posisi jok bisa sesuai dengan keinginan. Baik untuk penyetelan penopang punggung atas-bawah, menggeser maju mundur, ketinggian jok (depan-belakang), dan merebahkan atau menegakkan sandaran. 

Lebih jauh lagi, pada beberapa mobil premium, jok elektrik itu telah dilengkapi memori pengaturan. Jelas model ini cocok bagi Anda yang mengedepankan eksklusivitas dalam berkendara. Pada sistem ini, umumnya Anda diberikan 3 hingga 4 memori pengaturan jok. Setelah memperoleh posisi duduk yang nyaman dan sesuai postur tubuh untuk berkendara, tinggal diset dan di save. 

Selanjutnya setiap kali menggunakan mobil, Anda tak perlu repot lagi mencari posisi ideal. Karena begitu tombol memori diaktifkan, secara otomatis komputer akan mengatur jok sesuai setting posisi duduk yang direkam sebelumnya. 

• Automatic Seat Warning System
Teknologi lebih canggih ini diterapkan oleh Citroën pada mobil bernama C4. Namanya perangkatnya sebenarnya yaitu Lane Departure Warning System. Sistem ini berfungsi memperingatkan pengemudi jika mobil menginjak garis marka jalan pada kecepatan 80 km/jam atau lebih. 

Sebagai pendeteksi marka, sensor diletakkan di beberapa sudut kendaraan dan menembakan sinar infra merah ke jalan. Nah, ketika roda menginjak marka jalan, maka jok pengemudi yang dipasangi mekanisme vibrator akan bergetar sebagai tanda agar pengemudi harus segera mengoreksi arah kemudi di saat yang tepat. 


• Electric Car Seat Heater
Fasilitas jok dengan pemanas (car seat heater) membuat mobilitas Anda bisa tetap optimal tanpa terganggu cuaca. Terutama di negara-negara empat musim, pemanas jok membuat Anda tak perlu kedinginan di dalam kabin ketika musim dingin. 

Umumnya, panas terasa pada bagian dasar (seatpan) dan punggung (backrest) yang bekerja secara elektrik. Anda tinggal mengaktifkan, kenyamanan yang diinginkan langsung bisa Anda nikmati. 

Mercedes-Benz memberi aplikasi lain pada pemanas joknya. Di model SLK yang beratap terbuka, hawa panas disemprotkan dari lubang yang berada di belakang leher pengemudi dan penumpang. Jadi saat berkendara malam hari, atap terbuka atau musim dingin, pengemudi dan penumpangnya tetap merasa hangat di dalam kabin. 



• Head restraint 
Teknologi jok juga mengarah pada peningkatan aspek safety. Salah satunya adalah integrasi dengan jok mobil yaitu head restraint. Sistem ini dapat meminimalkan risiko patah tulang leher (whiplash) ketika ditabrak dari belakang. 

Jika mobil ditabrak dari belakang, headrest akan bergerak maju untuk menahan gerakan kepala yang ‘terlempar’ mundur. Contohnya seperti sandaran kepala di Volvo dengan nama Whiplash Injury Prevention System (WHIPS). 


Selain beberapa teknologi tersebut, masih ada lagi beberapa penerapan terobosan teknologi yang diaplikasikan pada jok sebuah mobil. Ada kursi yang bisa membuat ada duduk dengan sejuk hingga tak membuat kursi mobil lembab dan licin akibat keringat, hingga ada kursi yang bisa memijat penumpang kendaraan tak kaku serta merasa penat saat berkendara dalam rentang waktu yang amat lama.

Tip Mudah Perawatan Jok Mobil

a. Siapkan satu buah sikat gigi dan micro fibremop/kain lap kering yang tidak berpori agar debu yang diseka tidak menempel pada kain.

b. Micro fibremop/lap kering dipergunakan untuk menyeka seluruh bagian jok mobil dari head rest (sandaran kepala) hingga di bawah. Pergunakan kain lain yang dibasahi sebelumnya dengan air dan diperas setelah seluruh bagian jok diseka dengan micro fibremop.

c. Lakukan pembersihan segera setelah terkena noda. Cukup gunakan kain lap yang dibasahi dengan air. Jangan pernah menggunakan bahan kimia keras untuk membersihkan noda, misalnya alkohol dan deterjen.

d. Setelah jok dilap dengan kain yang berair dan diseka kembali dengan micro fibremop/kain lap kering, di sela-sela dari setiap jok mobil biasanya ada debu menggumpal atau sisa-sisa makanan yang menempel.

e. Lakukan pembersihan rutin setidaknya dua bulan sekali dengan menggunakan air bersih dan campuran sabun bayi yang memiliki nilai ph netral. Usapkan pada sekujur jok, dan keringkan segera dengan kain lap katun bersih.

f. Gunakan leather conditioner secara berkala setiap 3-4 bulan sekali untuk menjaga kelembaban kulit. Leather conditioner dapat dibeli di toko aksesoris otomotif atau supermarket.

g. Hindari parkir ditempat yang terik, atau bisa menggunakan sun visor untuk menutupi jendela saat hendak memarkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung.
Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar