Senin, 16 Juli 2012

Israel Diduga Serobot Dua Sumur Gas Mesir

Israel Diduga Serobot Dua Sumur Gas Mesir
Pipa Gas Mesir-Israel


(Uckit-Sang-Pencerah), KAIRO-- Geolog Mesir Khaled Odeh mengatakan, Israel telah mengambil alih dua sumur gas alam yang terletak di perairan teritorial Mesir. Odeh mengatakan, sumur yang diambil tersebut terletak di Laut Mediterania antara Mesir dan Siprus.

Odeh mengatakan, Israel mengambil keuntungan dari kelambanan pejabat Mesir. Israel mulai melakukan operasi pengeboran di daerah tersebut pada April 2012. Padahal Odeh mengatakan, sumur tersebut merupakan ladang gas yang mengandung cadangan gas senilai 100 miliar dolar.

Salah satu sumur berada 19 kilometer dari utara Mesir, Damietta dan sekitar 235 kilometer dari barat Haifa di wilayah Palestina yang diduduki. Sementara satu sumur lain berada di 114 kilometer dari sebelah utara kota Damietta dan sekitar 237 kilometer dari pantai Palestina.

Isu pasokan gas oleh Mesir ke Israel selalu menjadi topik perdebatan. Dimana Mesir memandang Israel sebagai musuh, dan menentang kerjasama dengan Israel.

Menurut kesepakatan Mesir menandatangani kesepakatan ekspor dengan Tel Aviv senilai 2,5 juta dolar, pada 2005. Israel menerima sekitar 40 persen dari pasokan gas dari Mesir dengan harga sangat rendah.

Hubungan Kairo dan Tel Aviv memburuk sejak revolusi tahun lalu di Mesir. Revolusi menggulingkan diktator Husni Mubarak, yang selama ini merupakan sekutu lama dan setia Israel.

Sumber: Press TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar